Konten Indexable
Untuk tampil lebih baik dalam daftar mesin pencari, konten terpenting Anda harus dalam format teks HTML. Gambar, file Flash, applet Java, dan konten non-teks lainnya sering diabaikan atau didevaluasi oleh crawler mesin telusur, meskipun ada kemajuan dalam merangkak teknologi. Cara termudah untuk memastikan bahwa kata dan frasa yang Anda tampilkan kepada pengunjung Anda terlihat oleh mesin pencari adalah menempatkannya di teks HTML pada halaman. Namun, metode yang lebih maju tersedia bagi mereka yang menginginkan format atau tampilan visual yang lebih besar.
Melihat situs Anda seperti yang dilakukan mesin pencari
Banyak situs memiliki masalah yang signifikan dengan konten yang dapat terindeks, jadi pengecekan ulang sangat bermanfaat. Dengan menggunakan tool seperti cache Google, SEO-browser.com , dan MozBar Anda bisa melihat elemen konten Anda yang terlihat dan mudah terindex ke mesin. Lihat tembolok teks Google dari laman ini yang sedang Anda baca sekarang . Lihat betapa berbedanya tampilannya?
Whoa! Seperti apa penampilan kita?
Dengan menggunakan fitur Google cache, kita bisa melihatnya ke mesin pencari, homepage JugglingPandas.com tidak berisi semua informasi kaya yang kita lihat. Hal ini menyulitkan mesin pencari untuk menafsirkan relevansi.
Hei, ke mana asyiknya pergi?
Uh oh ... via Google cache, kita bisa melihat halaman itu adalah gurun tandus. Bahkan tidak ada teks yang mengatakan bahwa halaman berisi Axe Battling Monkeys. Situs ini dibangun sepenuhnya di Flash, namun sayangnya, ini berarti bahwa mesin pencari tidak dapat mengindeks konten teks apapun, atau bahkan tautan ke masing-masing game. Tanpa teks HTML, halaman ini akan memiliki peringkat waktu yang sangat sulit dalam hasil pencarian. Sebaiknya jangan hanya mengecek konten teks tapi juga menggunakan alat SEO untuk mengecek ulang apakah halaman yang Anda bangun terlihat oleh mesin.
Struktur Link yang Dapat Ditelusuri
Sama seperti mesin pencari perlu melihat konten untuk mendaftarkan halaman dalam indeks berbasis kata kunci masif mereka, mereka juga perlu melihat tautan untuk menemukan konten di tempat pertama. Struktur tautan yang dapat dirayapi - yang memungkinkan perayap menelusuri jalur situs web - sangat penting bagi mereka untuk menemukan semua halaman di situs web. Ratusan ribu situs membuat kesalahan penting dalam penataan navigasi mereka dengan cara yang tidak dapat diakses oleh mesin telusur, sehingga menghalangi kemampuan mereka untuk mendapatkan halaman yang tercantum dalam indeks mesin pencari.
Tag tautan dapat berisi gambar, teks, atau objek lainnya, yang kesemuanya menyediakan area yang dapat diklik pada laman yang dapat ditempuh pengguna untuk berpindah ke laman lain. Tautan ini adalah elemen navigasi asli dari Internet - dikenal sebagai hyperlink. Dalam ilustrasi di atas, tag "<a" menunjukkan permulaan sebuah tautan. Lokasi rujukan link memberitahu browser (dan search engine) dimana link pointnya. Dalam contoh ini, URL http://www.jonwye.com direferensikan. Selanjutnya, bagian yang terlihat dari link untuk pengunjung, disebut anchor text di dunia SEO, menggambarkan halaman yang link point to. Laman terkait ke halaman adalah tentang sabuk khusus yang dibuat oleh Jon Wye, sehingga teks jangkar "Sabuk Dirancang Khusus Jon Wye." Tag "</a>" menutup tautan untuk membatasi teks yang tertaut di antara tag dan mencegah tautan mencakup elemen lain di laman.
Ini adalah format link yang paling dasar, dan sangat mudah dimengerti oleh mesin pencari. Perayap mengetahui bahwa mereka harus menambahkan tautan ini ke grafik tautan mesin web, menggunakannya untuk menghitung variabel kueri-independen (seperti Google PageRank), dan mengikutinya untuk mengindeks konten laman yang direferensikan.
Formulir pengiriman diperlukan
Jika Anda meminta pengguna untuk melengkapi formulir online sebelum mengakses konten tertentu, kemungkinan mesin pencari tidak akan pernah melihat halaman yang terlindungi tersebut. Formulir dapat menyertakan login yang dilindungi kata sandi atau survei lengkap. Bagaimanapun, crawler pencarian umumnya tidak akan mencoba mengirimkan formulir, jadi konten atau tautan apa pun yang dapat diakses melalui formulir tidak terlihat oleh mesin.
Tautan dalam JavaScript yang tidak sesuai
Jika Anda menggunakan JavaScript untuk tautan, Anda mungkin mendapati bahwa mesin telusur tidak merangkak atau memberi bobot yang sangat kecil pada tautan yang tertanam di dalamnya. Tautan Standar HTML harus mengganti JavaScript (atau menyertainya) pada halaman manapun yang Anda inginkan crawler merangkak.
Tautan mengarah ke laman yang diblokir oleh tag Meta Robots atau robots.txt
Meta Robots tag dan file robots.txt keduanya memungkinkan pemilik situs untuk membatasi akses crawler ke halaman. Diperingatkan bahwa banyak webmaster secara tidak sengaja menggunakan arahan ini sebagai upaya untuk memblokir akses oleh bot jahat, hanya untuk menemukan bahwa mesin pencari menghentikan perayapan mereka.
Bingkai atau iframe
Secara teknis, tautan di kedua frame dan iframe dapat dirayapi, namun keduanya menyajikan masalah struktural untuk mesin dalam hal organisasi dan pengikut. Kecuali Anda adalah pengguna tingkat lanjut dengan pemahaman teknis yang baik tentang bagaimana indeks mesin telusur dan mengikuti tautan dalam bingkai, sebaiknya menjauhi mereka.
Robot tidak menggunakan formulir pencarian
Meskipun ini berhubungan langsung dengan peringatan di atas tentang bentuk, ini adalah masalah umum yang harus disebutkan. Beberapa webmaster percaya jika mereka menempatkan kotak pencarian di situs mereka, mesin akan dapat menemukan semua yang dicari pengunjung. Sayangnya, perayap tidak melakukan penelusuran untuk menemukan konten, membuat jutaan laman tidak dapat diakses dan ditakdirkan untuk tidak dirahasiakan hingga laman yang dijelajahi menaut ke mereka.
Tautan di Flash, Java, dan plugin lainnya
Tautan yang tertanam di dalam situs Juggling Panda (dari contoh di atas) adalah ilustrasi sempurna dari fenomena ini. Meskipun lusinan panda terdaftar dan tertaut pada laman, perayap tidak dapat menjangkau mereka melalui struktur tautan situs, sehingga membuat mesin tak terlihat dan tersembunyi dari kueri penelusuran pengguna.
Tautan di halaman dengan ratusan atau ribuan link
Mesin pencari hanya akan merayapi begitu banyak link pada halaman tertentu. Pembatasan ini diperlukan untuk mengurangi spam dan melestarikan rangking. Halaman dengan ratusan link di dalamnya berisiko tidak mendapatkan semua link yang dijelajahi dan diindeks.
Rel = "nofollow" dapat digunakan dengan sintaks berikut:
<a href="https://moz.com" rel="nofollow">Lousy Punks!</a>
Tautan bisa memiliki banyak atribut. Mesin mengabaikan hampir semua dari mereka, dengan pengecualian penting atribut rel = "nofollow". Pada contoh di atas, menambahkan atribut rel = "nofollow" ke tag tautan memberi tahu mesin telusur bahwa pemilik situs tidak ingin tautan ini ditafsirkan sebagai pengesahan laman target.
Nofollow, diambil secara harfiah, menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengikuti link (walaupun ada yang melakukannya). Tag nofollow muncul sebagai metode untuk membantu menghentikan komentar blog otomatis, buku tamu, dan spam injeksi tautan, namun telah berubah seiring waktu menjadi cara memberi tahu mesin untuk mengurangi nilai tautan apa pun yang biasanya akan dilewati. Tautan yang ditandai dengan nofollow ditafsirkan sedikit berbeda oleh masing-masing mesin, namun jelas mereka tidak melewati bobot sebanyak tautan normal.
Apakah link nofollow buruk?
Meskipun mereka tidak lulus sebagai nilai sebanyak sepupu mereka yang diikuti, link nofollowed adalah bagian alami dari profil link yang beragam. Sebuah situs dengan banyak inbound link akan menumpuk banyak link nofollowed, dan ini bukan hal yang buruk. Faktanya, Faktor Peringkat Moz menunjukkan bahwa situs berpangkat tinggi cenderung memiliki persentase link infollow inbound yang lebih tinggi daripada situs dengan peringkat lebih rendah.
Sumber : moz
0 Response to "Pengantar SEO (4)"
Post a Comment